Doa-Amalan-Wirid

Kamis, 20 Juni 2019

Kekuatan dan Khasiat Amalan Doa 3 QUL Yang Luar Biasa

Advertisement

Pernah dengar tentangamalan doa 3 Qul atau 4 Qul? Itu adalah sebutan dari 3 atau 4 surat yang ada dalam al-Qur’an dan sudah begitu akrab di telinga maupun lisan kita. Karena merupakan surat yang sering dibaca di beberapa acara.  Bahkan untuk bacaan dalam sholat pun orang sering menggunakan surat 3 qul ini.
Kekuatan dan Khasiat 3 QUL Yang Luar Biasa


Apa manfaat, khasiat dan kekuatan 3 Qul tersebut?
Dari beberapa riwayat disebutkan, Barang siapa yg membacanya 3 kali pada pagi dan petang, maka segala sesuatu akan dicukupkan untuknya.

قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ، وَالمُعَوِّذَتَيْنِ حِينَ تُمْسِي وَتُصْبِحُ – ثَلاَثَ مَرَّاتٍ – تَكْفِيكَ مِنْ كُلِّ شَيْءٍ

Qul huwallahu Ahad dan Al-Mu’awwidzataini (Qul A’udzu bi Rabbil Falaq dan Qul A’udzu bi Rabbin Naas) .
(HR. At-Tirmidzi, An-Nasa’i, Abu Dawud dan Al-Bukhari)

Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas
بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ هُوَ اللَّهُ أَحَدٌ * اللَّهُ الصَّمَدُ * لَمْ يَلِدْ وَلَمْ يُولَدْ * وَلَمْ يَكُن لَّهُ كُفُوًا أَحَدٌ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Dialah Allah, Yang Maha Esa. Allah adalah ilah yg bergantung kepada-Nya segala urusan. Dia tidak beranak dan tiada pula diperanakkan, dan tidak ada seorang pun yg setara dgn Dia.” (QS. Al Ikhlas: 1-4)  (Dibaca 3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ الْفَلَقِ * مِن شَرِّ مَا خَلَقَ * وَمِن شَرِّ غَاسِقٍ إِذَا وَقَبَ * وَمِن شَرِّ النَّفَّاثَاتِ فِي الْعُقَدِ * وَمِن شَرِّ حَاسِدٍ إِذَا حَسَدَ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb yg menguasai Shubuh, dari kejahatan makhluk-Nya, dan dari kejahatan malam apabila telah gelap gulita, dan dari kejahatan2 wanita tukang sihir yg menghembus pada buhul-buhul, dan dari kejahatan orang yang dengki apabila ia dengki”. (QS. Al Falaq: 1-5) (Dibaca 3 x)

بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيمِ
قُلْ أَعُوذُ بِرَبِّ النَّاسِ * مَلِكِ النَّاسِ * إِلَهِ النَّاسِ * مِن شَرِّ الْوَسْوَاسِ الْخَنَّاسِ * الَّذِي يُوَسْوِسُ فِي صُدُورِ النَّاسِ * مِنَ الْجِنَّةِ وَ النَّاسِ

“Dengan menyebut nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Katakanlah: Aku berlindung kepada Rabb manusia. Raja manusia. Sembahan manusia, dari kejahatan (bisikan) syaitan yg biasa bersembunyi, yg membisikkan (kejahatan) ke dalam dada manusia, dari jin dan manusia.” (QS. An Naas: 1-6) (Dibaca 3 x)

Sebelum tidur

Sebelum tidur amalkan membaca 3 kali (3 Qul) karena amalan ini dapat: Menolak gangguan jin, syaitan, sihir, was2 dan segala kejahatan, Terhindar dari segala perkara yang buruk

Baca juga : 

Cara-caranya:

Ditempat tidur sambil duduk, baca surah tiga Qul (diawali dengan surah Al-Ikhlas, Al-Falaq dan An-Naas sehingga habis setiap surah) sambil menadah tangan. Selepas membaca surah tiga Qul tiup pada telapak tangan dan sapu muka dan seluruh badan, tangan dan kaki. Ulang sebanyak tiga kali.

Untuk anak-anak yang masih kecil, ibu atau Ayah boleh baca 3 Qul, tiup pada telapak tangan dan kemudian sapukan pada ke seluruh badan anak.

Diriwayatkan daripada ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, katanya:
“Nabi صلى الله عليه وسلم ketika berada di tempat tidur di setiap malam, Baginda mengumpulkan kedua telapak tangannya lalu kedua telapak tangan tersebut ditiup dan dibacakan ’Qul huwallahu ahad’ (surah Al-Ikhlas), ’Qul a’udzu birobbil falaq’ (surah Al-Falaq) dan ’Qul a’udzu birobbin naas’ (surah An-Naas). Kemudian Baginda mengusapkan kedua telapak tangan tadi pada anggota tubuh yang mampu dijangkau dimulai dari kepala, wajah, dan tubuh bahagian depan. Baginda melakukan yang demikian sebanyak tiga kali.” (HR. Bukhari)

Silahkan diamalkan amalan 3 Qul diatas untuk menjaga diri dan keluarga dan untuk menjadi wasilah bagi hajat-hajat kita. Semoga Allah SWT meridhoi apa yang kita lakukan.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kekuatan dan Khasiat Amalan Doa 3 QUL Yang Luar Biasa

0 komentar:

Posting Komentar