Doa-Amalan-Wirid

Jumat, 15 April 2016

Bacaan Teks Sholawat Nuril Anwar Dan Khasiatnya Yang Luar Biasa

Advertisement

Sholawat Nuril Anwar atau Nurul Anwar atau kadang disebut Sholawat Badawi Sughro adalah salah satu bacaan sholawat yang sangat populer di kalangan masyarakat. Menurut keterangan dari berbagai sumber Sholawat Nuril Anwar ini adalah Sholawat yang disusun oleh Wali Qutub Al-Imam Ahmad Al-Badawi ra. Beliau memiliki nasab atau silsilah sampai kepada Rosulullah SAW. Karena kecintaanya terhadap Rasulullah SAW juga, tersusunlah Sholawat Nuril Anwar ini. Ada banyak syair yang beliau gubah untuk menyatakan cintanya kepada Rasulullah yang begitu besar.

Seorang penulis terkenal Muslim al-Sayyid Muhammad al Murtadā -Zabīdī (w. 1205 H.) menuliskan silsilah Al-Badawi (penyusun Sholawat Nuril Anwar) sebagai berikut: Ahmad bin 'Alī bin Ibrahim bin Muhammad bin Abi Bakar bin Ismail bin' Umar bin 'Alī ibn Utsman ibn al-Husain bin Muhammad ibn Musa al-Ashhab bin Yahya bin 'Isa bin' Alī bin Muhammad bin Hasan bin Ja'far bin 'Alī al-Hadi bin Muhammad al-Jawad ibn' Alī ar-Ridha bin Musa al-Kazim bin Ja'far al-Shadiq bin Muhammad al-Baqir bin [Zain al-'Abidin]' Alī ibn al-Husain bin Fatimah, putri Nabi Muhammad SAW.

Bacaan sholat Nuril Anwar adalah sebagai berikut:

Bacaan Teks Sholawat Nuril Anwar Dan Khasiatnya Yang Luar Biasa


Teks Latin dari Sholawat Nuril Anwar:

ALLAHUMMA SHALLI 'ALAA NUURIL ANWAARI WASIRRIL ASRAARI, WATIRYAAQIL AGHYAARI WAMIFTAAHI BAABIL YASAARI, SAYYIDINAA WAMAULAANA MUHAMMADINIL MUHTAARI WA AALIHIL ATH HAARI WA ASH HAABIHIL AHYAARI 'ADADA NI'AMILLAAHI WA IFDHAALIH.

Artinya :

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat kepada cahaya dari segala cahaya, rahasia dari segenap rahasia, penawar duka dan kebingungan, pembuka pintu kemudahan, yakni junjungan kami, Nabi Muhammad saw. yang terpilih, keluarganya yang suci, dan para sahabatnya yang mulia sebanyak hitungan nikmat Allah dan karu-nia-Nya”

Sayyid Ahmad Ruslan memberikan komentar atas shalawat ini:

Shalawat ini sangat mujarab untuk menunaikan hajat, mengusir kesusahan, menolak bencana dan meraih cahaya, bahkan sangat manjur untuk segala keperluan.”

Syaikh Yusuf bin Ismail an-Nabhani dalam kitabnya “Afdhal ash-Sholawat” mengutip sebagaimana di atas dari Sayyid Ahmad Zaini Dahlan dengan sedikit tambahan, yani:

“...bahkan sholawat ini mujarrab untuk segala sesuatu dan bilangan wiridannya adalah 100 kali setiap hari.”

Apa keutamaan dan khasiat Sholawat Nuril Anwar ini?
Beberapa ulama menyampaikan beberapa khasiat sebagai berikut:

  • Jika seseorang membaca shalawat ini setiap selesai shalat fardhu, maka ia akan terhindar dari segala marabahaya dan memperoleh rezeki dengan mudah.
  • Jika seseorang membaca shalawat ini sehari dan malamnya 100 kali, maka ia akan memperoleh rezeki lahir-batin, manjur untuk mendatangkan segala hajat, menolak bencana, dan memperoleh cahaya Ilahi.
  • Jika seseorang menginginkan jabatan atau kedu-dukan tinggi, maka hendaklah ia membaca shalawat ini sebanyak 21 X setiap akan berangkat kerja
  • Bila seseorang membaca shalawat ini 7 kali setiap akan tidur, insya Allah ia terhindar dari sihir yang dilakukan orang yang jahat.

 Baca juga : Amalan Wirid Sholawat untuk Wasilah Segala Hajat

Disamping keutamaan dan khasiat diatas, ada banyak khasiat lain yang disampaikan oleh para ulama, antara lain di bawah ini:
  • Jika dibaca ketika hati sedang gandrung atau hati sedang ruwet maka Allah akan memberikan kelapangan hati dan kegembiraan
  • Jika sedang mengalami amarah yang memuncak kemudian membaca sholawat nurul anwar insya Allah kemarahan akan reda seketika, begitu juga apabila menghadapi orang yang sedang marah atau menghadapi orang yang sangat ditakuti kemarahannya maka bacalah sholawat Nuuril anwar.
  • Untuk menjernihkan pikiran, khususnya bagi para penuntut imu, memudahkan menerima pelajaran dari pengajar.
  • Untuk mengalami kesempitan rezeki agar luas rezeki wiridkan sholawat Nuril Anwar
  • Usaha dagang / bisnis tumpur atau yang hidup segan mati tak mau maka baik sekali mewiridkan sholawat nuurul anwar setiap selesai sholat 5 waktu.
  • Sholawat Nuurul Anwar jika selalu diamalkan maka dapat memberi efek bagi orang yang pemarah jadi lembut hati, yang pendendam jadi penyayang.

Tentunya masih ada banyak khasiat dan manfaat dari sholawat Nuril Anwar ini bagi orang yang mau menjadikannya sebagai wirid. Karena Sholawat Nabi, apapun namanya adalah merupakan bentuk ungkapan cinta kepada Rasulullah SAW. Dan Rasulullah adalah kekasih Allah. Jika kita mencintainya, tentunya Allah juga akan memuliakan orang yang mencintai kekasihNya. Semoga sholawat dan salam tetap terlimpahkan kepada junjungan kita Nabi Agung Muhammad SAW. Amin.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Teks Sholawat Nuril Anwar Dan Khasiatnya Yang Luar Biasa

0 komentar:

Posting Komentar