Doa-Amalan-Wirid

Jumat, 09 Oktober 2015

Inilah Doa Mustajab Nabi Musa AS Ketika Dikejar Fir’aun

Advertisement

Doa Nabi Musa AS – Dalam perhitungan duniawi, kisah pengejaran Fir’aun dan pasukannya terhadap Nabi Musa akan berakhir sukses. Karena dengan pasukan yang sangat banyak, Fir’aun sudah membuat Nabi Musa AS kepepet. Di belakang ada pasukan Fir’aun, sedangkan di depannya terbentang lautan yang sangat luas dan dalam. Tidak ada tempat berlari lagi.

Inilah Doa Mustajab Nabi Musa AS Ketika  Dikejar Fir’aun


Namun sesuatu yang nampak mustahil terjadi. Laut di depannya terbelah dan Nabi Musa bersama para pengikutnya bisa menyeberanh.  Suatu peristiwa yang sulit diterima akal, namun bagi seorang muslim sejati akan mudah menerimanya. Karena sesuatu apapun yang tidak masuk akal, jika dikembalikan kepada kekuasaan Allah SWT dan kehendakNya, maka semua jadi masuk akal. Karena Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.

Karena itu dalam keadaan  sesulit apapun, mohonlah pertolongan kepada Allah SWT. Jika Allah berkehendak, maka semua pasti akan terjadi. Itulah yang terjadi ketika Nabi Musa di kejar-kejar tentara Fir’aun dan sampai pada lautan, beliaumemohon pertolongan kepada Allah SWT dengan doa yang sangat mustajab yang juga diajarkan oleh Nabi kita Muhammad SAW. Dengan doa itu Allah berkenan membelah lautan sebagai jalan bagi Nabi Musa untuk berlari.

Allah berfirman kepada Musa AS untuk memukul tongkatnya ke air laut. Namun setelah tiga kali, Nabi Musa memukulkan tongkatnya ke laut ternyata tidak ada reaksi sama sekali. Nabi Musa pun berseru “Maha suci Engkau ya Allah….sesungguhnya fir’aun telah dekat untuk membunuh kami”. Dan tiba tiba Malaikat Jibril datang dan berkata : ‘Wahai Musa sebelum engkau memukulkan tongkat itu ke laut, maka berdo’a lah engkau dengan kalimat :

الّلهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى وَأَنْتَ الْمُسْتَعَاُن وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِ الْعَظِيْمِ

”ALLAHUMMA LAKAL HAMDU WA ILAIKAL MUSYTAKAA WA ANTAL MUSTA’AN WA LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAHIL ALIYIL ADHIIM”
ALLAHUMMA LAKALHAMDU …. “Ya Allah, segala puji bagi-Mu”.

WA ILAIKAL MUSYTAKA …. “Hanya kepadamu, Ya Allah, kami berkeluh kesah”.

WA ANTAL MUSTA’AAN…. “Engkaulah tempat meminta pertolongan”

WA LAA HAWLA WALAA QUWWATA ‘ILLAA BILLAHIL’ALIYYIL’ADZHIM ……. “Tiada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah yang Maha tinggi dan Maha Agung”

Nabi Musa pun mengucapkan doa itu dan memukulkan tongkatnya kembali ke laut merah, dan tiba tiba dasar laut meninggi menjadi dangkal dari air laut dan angin bertiup kencang sehingga membelah lautan merah.

Dalam sebuah riwayat yang  disampaikan Abdullah bin Mas’ud, beliau berkata: ”Rasulullah saw bersabda: ”maukah kalian aku ajarkan beberapa kalimat yang telah diucapkan oleh Nabi Musa as ketika beliau mengarungi lautan bersama Bani Isroil?”

 Lalu kami berkata: ”tentu ya Rasulullah”

Nabi bersabda: ”ucapkanlah oleh kalian, ”ALLAHUMMA LAKAL HAMDU WA ILAIKAL MUSYTAKAA WA ANTAL MUSTA’AN WA LAA HAULA WA LAA QUWATA ILLA BILLAHIL ALIYIL ADHIIM”

 Syekh Al-A’masy berkata: ” maka aku tidak pernah meninggalkan kalimat do’a itu semenjak aku mendengarnya dari saudara kandungku, yaitu Al-Asadiy Al-kufiy, dan beliau menerima dari Sayyidina Abdullah ra.”
 Syekh Al-A’masy berkata: ”telah datang kepadaku AAt —sebangsa malaikat— beliau berkata: ”wahai sulaiman tambahkan pada do’a tersebut dengan kalimat ini:

وَنَسْتَعِيْنُكَ عَلَى فَسَادٍ فِيْنَا وَنَسْأَلُكَ صَلاَحَ أَمْرِنَا كُلِّهِ

WA NASTA’INUKA ‘ALA FASAADI FIINA WA NAS’ALUKA SOLAAHA AMRINAA KULLIHI”

 (dan kami memohon pertolongan-Mu atas kerusakan yang ada pada kami, dan kami memohon kepada-Mu kebaikan urusan kami seluruhnya).


Demikianlah doa Nabi Musa AS yang dahsyat yang bisa membelah lautan. Tentu doa ini juga bisa kita amalkan untuk kepentingan yang lain pada saat kita kepepet seperti nabi Musa. Semoga bermanfaat.   

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Doa Mustajab Nabi Musa AS Ketika Dikejar Fir’aun

0 komentar:

Posting Komentar