Doa-Amalan-Wirid

Sabtu, 09 April 2016

Pengin Puasa di Bulan Rajab, Begini Niat Puasanya

Advertisement

Meski ada banyak kontrovesi sekitar puasa sunnah di bulan Rajab, namun yang pasti bahwa tidak ada larangan untuk mengerjakan puasa pada bulan Rajab ini.  Bulan Rajab adalah bulan ke 7 dari bulan Hijriah dalam Kalender Islam  yang  termasuk dalam bulan haram yang semuanya ada 4 bulan, yaitu Bulan Dzulqa’dah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab. Bulan Haram artinya bulan yang dimuliakan oleh Alloh Swt sehingga dibulan Rajab  ini Allah melarang untuk melakukan peperangan dan pertumpahan darah. Oleh karna itu kita  sebagai seorang muslim dianjurkan untuk semakin banyak melakukan ibadah saat masuk Bulan-bulan Haram, seperti lebih khusyu’ dalam mengerjakan Shalat Wajib, Shalat Sunah Malam, semakin banyak Berdzikir,  Berpuasa dan lain lain.

Pengin Puasa di Bulan Rajab, Begini Niat Puasanya


Untuk Puasa di Bulan Rajab sendiri  sangat dianjurkan karena Hukum Mengerjakan Puasa Rajab termasuk kedalam Puasa sunah, artinya siapa yang mengerjakannya  akan mendapatkan pahala besar dan bagi yang tidak mengerjakan juga tidak dapat dosa. Tetapi perlu kita ketahui bahwa Perintah Mengerjakan Puasa Rajab sendiri hanya boleh dikerjakan beberapa hari saja sebagai contoh di hari Senin atau Kamis karena pada dasarnya tidak ada Hadist Shahih yang memerintahkan Puasa di Bulan Rajab satu bulan penuh. Dalam sebuah riwayat Nabi Muhammad Saw bersabda yang berbunyi, ” Puasalah pd Bulan – Bulan Muharram atau Haram (Riwayat Abu Dawud, Ibnu Majah dan Ahmad) ”.

Dalam hadis lain Rasulullah juga bersabda:” Seutama – utama puasa selain atau setelah Puasa Ramadhan ialah puasa yang dikerjakan di bulan2 Al Muharram ( Bulan Dzulqa’dah, Bulan Dzulhijjah, Bulan Muharram dan Bulan Rajab) ” Hadis riwayat Imam Muslim. Sehingga jika melihat Sabda Nabi Muhammad Saw pada Hadist Imam Muslim dan Abu Dawud diatas menjadikan Hukum Puasa Bulan Rajab itu sunnah atau sudah diperintahkan untuk dikerjakan karena Bulan Rajab termasuk kedalam salah satu Bulan Al Muharram, yaitu bulan yang dimuliakan oleh Alloh Swt, tetapi tidak ada Hadist yang memerintahkan untuk mengerjakan Puasa Rajab satu bulan penuh sepereti pada bulan Ramadhan.

Kapan dan tanggal berapa kita harus puasa pada bulan Rajab? Tidak ada aturan khusus. Cara Mengerjakan Puasa Bulan Rajab tentu saja  dilakukan pada Bulan Rajab pada kalender Islam dan tidak ditentukan hari atau tanggalnya, sehingga bisa dikatakan Puasa Rajab bisa dilakukan tanggal berapa saja, asal tidak dikerjakan selama satu bulan penuh karena pada intinya puasa rajab dilakukan di Bulan Rajab . Sama seperti puasa pada umumnya, puasa Rajab juga dilakukan dengan menahan makan, minum dan menahan hawa nafsu dari masuknya waktu imsak atau terbitnya Matahari sampai terbenamnya Matahari. Sama persis dengan puasa-puasa pada hari dan bulan yang lain.

Baca juga : Doa Mustajab Nabi Musa ketika Kepepet Dikejar Fir'aun

Bagaimana niat puasa Rajab? Pada dasarnya niat adalah di dalam hati. Jadi misalnya anda tidak mengucapkan lafad niat puasa, tidak masalah. Namun untuk menuntun hati kita, kita bisa mengucapkan lafad niat puasa Rajab tersebut. Dibaca sebelum masuknya waktu imsak, atau boleh juga sesudahnya. Bahkan kalau sebelum pagi-pagi anda belum makan apa-apa dan niat mau puasa sunnah,  boleh saja. Yang harus dilakukan sebelum waktu imsak adalah kalau puasa wajib Ramadhan.

Bacaan Niat Puasa Bulan Rajab

  نَوَيْتُ صَوْمَ شَهْرِ رَجَبَ سُنّةَ للهِ تَعَالَى

Niat puasa Rajab dalam latin :

Nawaitu shouma syahri Rajaba sunnatan lillahi ta’ala


Inilah bacaan niat puasa Rajab dan juga cara mengerjakannya. Lakukan lah puasa ini dengan niat untuk mengikuti sunnah Nabi dan mencari ridho Allah semata. Dengan demikian akan ringan kita melakukannya, juga sebagai upaya untuk mempersiapkan diri kita menghadapi puasa Ramadhan yang akan datang dua bulan lagi. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Pengin Puasa di Bulan Rajab, Begini Niat Puasanya

0 komentar:

Posting Komentar