Doa-Amalan-Wirid

Minggu, 22 Mei 2016

Doa dan Cara Melakukan Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

Advertisement

Doa dan Cara Sholat TaubatSholat Taubat Nasuha adalah sholat sunnah yang dilakukan seorang hamba untuk memohon ampunan kepada Allah atas-atas dosa-dosa yang telah dilakukannya. Entah itu dosa besar atau dosa kecil, yang pasti dia bersungguh-sungguh menyesalinya dan tidak akan mengulangi perbuatan dosa tersebut. Jadi Taubat Nasuha tidak hanya sebatas ucapan di lisan saja, tetapi seluruh anggota badan ikut mengungkapkan perasaan penyesalan dan niat untuk tidak mengulanginya lagi.

JUMLAH RAKAAT SHOLAT TAUBAT NASUHA

Shalat Sunnah Taubat Nasuha ini dilakukan dengan jumlah raka’at minimal 2 Raka’at dan maksimal dikerjakan sebanyak 6 raka’at. Perbedaan antara Shalat Sunah Taubat dengan  Shalat Sunnah Taubat Nasuha sendiri tidak ada perbedaan karena Shalat Sunah tersebut merupakan Shalat Sunnah yang sama hanya saja terdapat perbedaan kalimat Nasuha. Taubat Nasuha sering disebut sebagai taubat yang sungguh-sungguh.

Ada beberapa jenis dosa besar yang mendorong seseorang untuk melakukan taubat nasuha. Diantara perbuatan dosa yang masuk ke dalam kreteria dosa besar antara lain Durhaka kepada orang tua, Syirik, Musrik, Berzina, Membunuh, Memakan harga anak yatim atau piatu, Korupsi dan masih banyak lagi. Namun begitu dosa kecil yang dilakukan terus terusan juga bisa menjadi dosa besar.

WAKTU MELAKSANAKAN SHOLAT TAUBAT NASUHA

Sebenarnya tidak ada waktu khusus untuk melakukan sholat taubat nasuha ini. Karena bertaubat dianjurkan sesegera mungkin. Namun ada baiknya dikerjakaan saat malam tiba setelah Shalat isya sehingga anda bisa mengerjakan Sholat Taubat Nasuha ini dengan khusyu dan tenang. Namun Waktu Shalat Taubat Nasuha juga bisa dilakukan saat siang dan malam hari hanya saja anda harus memperhatikan waktu – waktu yang dilarang untuk melakukan Shalat Sunnah.

CARA MELAKUKAN SHOLAT TAUBAT YANG BENAR

Sholat  Taubat Nasuha sama seperti kebanyakan sholat sunnah yang kita lakukan. Yaitu dimulai dengan bacaan Niat Shalat, Surat Al Fatihah, Surat-surat dalam al-Qur’an dan Salam.

Inilah bacaan Niat Shalat Taubat Nasuha


Doa dan Cara Melakukan Sholat Taubat Nasuha Yang Benar


 
Bacaan niat sholat taubat dalam Latin

” USHALLI SUNNATAT TAUBATI RAK’ATAINI LILLAAHI TA’AALAA. ALLAAHU AKBAR ”.

Arti Niat sholat taubat:

“ Aku Niat Shalat Sunah Taubat dua Raka’at karena Alloh Ta’ala, Alloh Maha Besar ”.

Sesudah niat, maka dilanjutkan dengan membaca Surat Al Fatihah, Surat-suratan, Ruku, Itidal, Sujud dan Salam seperti mengerjakan Sholat Wajib kemudian Sholat Sunnah Taubat Nasuha ini dikerjakan minimal 2 Raka’at dan maksimal 6 Raka’at. Jangan terpancang pada jumlah, tapi lakukan dengan khusyu’ meski hanya 2 rakaat.

DOA SETELAH SHOLAT TAUBAT NASUHA

Dianjurkan setelah selesai melakukan Sholat Sunnah  Taubat maka anda duduk dengan khusyu dan tenang, kemudian membaca Dzikir Sholawat Nabi, Tahmid maupun bacaan Tahlil setelah itu perbanyaklah membaca bacaan Istighfar yang dibaca minimal 100 kali karena arti dari bacaan Istighfar itu sendiri adalah untuk memohon ampunan kpd Alloh Swt..

Dan inilah doa yang bisa anda baca setelah sholat taubat nasuha:

Doa dan Cara Melakukan Sholat Taubat Nasuha Yang Benar


” ASTAGHFIRULLAAHAL ‘AZHIIMA, ALLADZII LAA ILAAHA ILLAA HUWAL HAYYUL QAYYUUMU WA ATUUBU ILAIHI ”.

Artinya:

”’ Saya memohon ampunan kpd Alloh yang Maha Agung saya mengaku bahwa tiada Tuhan melainkan Alloh, Tuhan yang hidup terus selalu jaga ”’.


Selain itu anda juga bisa membaca doa SAYYIDUL ISTIGHFAR yang merupakan rajanya istighfar. Perbanyaklah membaca doa ini karena doa ini termasuk doa yang diajarkan oleh Nabi. Akan terasa lengkap jika anda sudah mengerjakan sholat sunnah taubat Nasuha, kemudian diakhiri dengan doa-doa istighfar yang merupakan inti pengakuan dosa kita kepada Allah SWT. Dengan demikian InsyaAllah taubat kita akan diterima oleh Allah, karena Allah adalah Dzat Yang Maha Menerima Taubat. Amin... 

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa dan Cara Melakukan Sholat Taubat Nasuha Yang Benar

0 komentar:

Posting Komentar