Doa-Amalan-Wirid

Jumat, 07 Oktober 2016

Amalan Doa Nabi Ibrahim Agar Anak Kita Rajin Melaksanakan Sholat

Advertisement

Mendidik anak agar terbiasa melaksanakan sholat harus dilakukan sejak dini. Jika sejak kecil tidak ditanamkan kebiasaan melaksanakan sholat, maka dia akan merasa ringan meninggalkan sholat ketika dewasa nanti. Karena penting bagi orang tua untuk melatih anak-anak melaksanakan sholat, tentu juga dibantu dengan doa agar mereka rajin shalat.

Shalat adalah amal yang pertama dihisab kelak di hari kiamat. Jika sholatnya baik, maka seluruh amalnya akan dihitung baik pula. Sebaliknya jika sholatnya jelek, maka amal yang lainnya  pun ikut jelek  juga. Itulah yang disabdakan oleh Nabi kita Muhammad SAW.

Amalan Doa Nabi Ibrahim Agar Anak-Anak Kita Rajin Melaksanakan Sholat


Setelah kita melatih dan mendidik anak agar rajin sholat sejak kecil, apalagi yang harus kita lakukan? Tentu saja kita juga harus berikhtiar secara batin  dengan berdoa. Karena tugas kita adalah menunjukkan kebaikan, soal hidayah adalah milik Allah. Karena kita harus memohon kepada Allah agar memberi hidayah kepada anak-anak kita.

Bagaimana doa agar anak kita rajin melaksanakan Shalat?

Inilah amalan doa yang pernah diijazahkan oleh seorang kyai, juga dikeal sebagai doa Nabi Ibrahim, yaitu dengan menggunakan ayat al-Qur’an surat Ibrahim ayat 40-41

رَبِّ اجْعَلْنِي مُقِيمَ الصَّلَاةِ وَمِن ذُرِّيَّتِي ۚ رَبَّنَا وَتَقَبَّلْ دُعَاءِ (40) رَبَّنَا اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ وَلِلْمُؤْمِنِينَ يَوْمَ يَقُومُ الْحِسَابُ (41

Artinya:

40. Ya Tuhanku, Jadikanlah aku dan anak cucuku orang-orang yang tetap mendirikan shalat, Ya Tuhan Kami, perkenankanlah doaku.
41. Ya Tuhan Kami, beri ampunlah aku dan kedua ibu bapaku dan sekalian orang-orang mukmin pada hari terjadinya hisab (hari kiamat)”.

Cara pengamalannya adalah dengan membaca doa ayat tersebut dalam doa, pada saat kita membaca sampai pada kata ذُرِّيَّتِي (artinya: anak cucuku/keluargaku) maka kita berhenti sejenak sambil membayangkan wajah anak-anak kita. Setelah itu baru dilanjutkan ke kata berikutnya sampai ayat yang ke 41.


Ulangi dan lakukan setiap saat anda selesai sholat, berdoa untuk anak-anak kita agar mereka rajin melaksanakan sholat. Jangan sampai bosan mendoakan anak. Karena hanya anak sholeh lah rejeki yang paling berharga. Semoga bermanfaat

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Amalan Doa Nabi Ibrahim Agar Anak Kita Rajin Melaksanakan Sholat

0 komentar:

Posting Komentar