Doa-Amalan-Wirid

Kamis, 06 Oktober 2016

Bacaan Niat Puasa Tasu’a dan Asyura (9 dan 10 Muharram)

Advertisement

Niat adalah salah satu rukun dalam sebuah perbuatan ibadah. Tanpa niat, maka suatu perbuatan tidak bernilai ibadah. Tak terkecuali  adalah ibadah puasa. Jika seseorang  hanya berhenti  makan dan minum sepanjang hari tapi tidak diniati untuk beribadah puasa, maka dia hanya mendapatkan rasa haus dan lapar saja.

Karena itu bagi anda yang akan menjalankan puasa pada hari ke 9 bulan Muharram (Tasu’a) dan hari ke 10 nya (Asyura), maka juga harus melakukan niat puasa Tasu’a dan puasa Asyura. Bagaimana bacaan niat puasa Tasu’a dan Asyura ini? Tenang, nanti saya akan tuliskan untuk anda, baik dalam bahasa Arab maupun bahasa Indonesia.

Bacaan Niat Puasa Tasu’a dan Asyura (9 dan 10 Muharram)


Pada dasarnya niat tempatnya adalah di dalam hati. Ini harus dipahami. Niat bukan ada di lisan. Tapi untuk mempermudah dan menuntun hati, maka lisan juga perlu mengucapkannya. Karena itulah perlu juga diajarkan bagaimana bacaan niat suatu ibadah, termasuk puasa Tasu’a dan Asyura ini.

Tentang keutamaan puasa tanggal 9 dan  10 Muharram sudah kami bahas pada tulisan sebelumnya. Anda bisa baca pada link berikut ini:

Fadhilah dan Keutamaan Puasa Tasu'a dan Asyura 

Dan inilah bacaan niat puasa Tasu’a 9 Muharram:

نَوَيْتُ الصَّوْمَ فِى يَوْمِ تَاسُوْعَاء سُنّةً لله تَعالَى
Bacaan Latinnya:

NAWAITUS SHOUMA FI YAUMI TASU’A SUNNTAN LILLAHI TA’ALA

Artinya:

Saya niat puasa Tasu’a sunat  karena Allalh Ta’ala

Sedangkan untuk bacaan niat puasa Asyura 10 Muharram adalah :

نَوَيْتُ الصَّوْمَ فِى يَوْمِ عَاشُوْرَاء سُنّةً لله تَعالَى
Bacaan latinnya:

NAWAITUS SHOUMA FI YAUMI ASYURA SUNNTAN LILLAHI TA’ALA

Artinya:

Saya niat puasa Asyura sunat  karena Allalh Ta’ala

Jika ada kemampuan dan kesempatan untuk melakukan puasa asyura dan tasu’a, marilah kita laksanakan,sebab pahalanya sangat besar. Dan belum tentu tahun depan kita bisa bertemu lagi dengan bulan Muharram.


Demikian bacaan lafadz niat puasa sunnah Tasu’a pada tanggal 9 Muharram dan juga puasa sunnah Asyura pada tanggal 10 Muharram, semoga kita diberi kekuatan untuk melaksanakannya. Semoga bermanfaat.

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Bacaan Niat Puasa Tasu’a dan Asyura (9 dan 10 Muharram)

0 komentar:

Posting Komentar