Doa-Amalan-Wirid

Selasa, 29 November 2016

Doa Nabi Musa Memohon Agar Dimudahkan Segala Urusan

Advertisement

Doa mohon agar dilancarkan dalam segala urusan ini sangat terkenal dan bahkan sejak kita kecil sudah sering diajarkan. Karena doa ini merupakan doa yang sangat mudah untuk dihafalkan. Kata-kata atau lafadsnya mudah diucapkan dan tidak terlalu panjang. Sehingga anak-anak kecilpun sudah banyak yang hafal, karena setiap hari ketika belajar dijadikan sebagai doa juga.

Doa Nabi Musa Memohon Agar Dimudahkan Segala Urusan


Inilah doa Nabi Musa A.S. Karena berbagai kesulitan yang dihadapi ketika harus berdakwah di kalangan bani Israil, terutama ketika berhadapan dengan Raja Fir’aun, maka Nabi Musa berdoa mohon agar dalam perjalanannnya selalu diberikan kemudahan urusan dan dilancarkan.

Dalam Al-Qur’an Surat Thâhâ diceritakan tentang kisah Nabi Musa ‘alaihissalam berhadapan dengan Fir’aun yang pernah mengaku sebagi Tuhan. Sepanjang menghadapi raja pongah nan lalim ini, Nabi Musa melalui berbagai macam rintangan. Saat itulah, Nabi Musa memanjatkan doa sebagaimana yang terekam dalam ayat 25-28:

رَبِّ ا شْرَحْ لِيْ صَدْرِ وَيَسِّرْلِيْ أَمْرِيْ وَاحْلُلْ عُقْدَةً مِنْ لِسَانِيْ يَفْقَهُوْ قَوْلِيْ

Rabbisyrahlî shâdrî wayassyirlî amrI wahlul uqdatam mil-lisânî yafqahû qaulî.

Artinya:

"Ya Tuhan, lapangkanlah dadaku, mudahkanlah segala urusanku, dan lepaskanlah kekakuan lidahku, agar mereka mengerti perkataanku." (QS Thâhâ[ 20]: 25-28)

Apa keistimewaan doa agar dilancarkan urusannya dari Nabi Musa ini? Doa ini setidaknya mengandung tiga permintaan. Pertama, memohon diangkatnya rasa susah yang menyesakkan dada. Kedua, memohon dilenyapkannya berbagai kesulitan. Dan ketiga, memohon kelancaran dalam bertutur kata sehingga mudah diserap dan dipahami para pendengarnya.


Karena pentingnya jenis-jenis permohonan dalam doa ini, tak heran apabila doa ini sering dibaca siapa saja yang hendak menghadapi hal-hal penting seperti ujian akhir bagi pelajar, pidato di depan khalayak, atau sejenisnya. Semoga kita juga bisa mengamalkannya secara istiqomah.  Amin...

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa Nabi Musa Memohon Agar Dimudahkan Segala Urusan

0 komentar:

Posting Komentar