Doa-Amalan-Wirid

Sabtu, 02 April 2016

Doa dan Tasbih Setelah Membaca Surat Yasin Dan Artinya

Advertisement

Doa Yasin – Salah satu surat yang mufaddhol atau diutamakan dari surat-surat lain dalam al-Qur’an adalah surat Yasin. Ada banyak fadhilah dan keistimewaan yang terdapat dalam surat Yasin, dan tentu saja untuk para pembacanya. Surat Yasin adalah salah satu surat juga populer di kalangan masyarakat, sehingga sering dijadikan sebagai amalan untuk dibaca, bahkan ada pengajian Yasinan dengan materi pokok pembacaan surat Yasin. Namun begitu belum banyak yang membaca doa Yasin setelah membacanya.

Meski surat ini tergolong surat yang panjang, namun karena kepopuleran dan fadhilahnya, banyak orang yang bisa menghafalnya. Surat ini terdiri dari 83 ayat.  Pembacaan surat Yasin sering dilakukan ketika malam jumat dan juga pada acara-acara tahlilan untuk mengirim doa bagi orang yang sudah meninggal. Bahkan juga sering dibaca untuk orang yang sudah sekarat dengan harapan agar segera dimudahkan dalam menghadapi sakaratul maut.

Karena banyak yang belum hafal doa setelah membaca surat Yasin, pada kesempatan ini akan saya tuliskan doa Yasin tersebut. Doa ini dibaca tepat setelah anda selesai membaca surat yasin. Doa ini dianjurkan untuk dibaca setelah membaca surat yasin. Doa ini disusun oleh Al Imam Al Habib Abdullah bin Alwi bin Muhammad Al-Haddad dan memiliki banyak keutamaan jika membacanya.

Dan berikut ini lafadz teks doa Yasin dan juga artinya dalam bahasa Indonesia:

Doa Setelah Membaca Surat Yasin

Doa dan Tasbih Setelah Membaca Surat Yasin Dan Artinya


 اللّٰهُمَّ اِنّٓا نَستَحفِظُكَ وَ نَستَو دِ عُكَ أَدْيَانَنَا وَ أَنفُسَنَا وَأَهْلَنَا وَ اَوْلَادَنَا وَ أَمْوَالَنَا وَ كُلَّ شَيءٍ أَعطَيتَنَا
اَللّٰهُمَّ اجْعَلنَا فِى كَنَفِكَ وَ اَمَانِكَ وَ جِوَارِكٓ وَ عِيَاذِكَ مِن كُلِّ شَيطَانٍ مَرِيدٍ وَجَبَّارٍ عَنِيدٍ وَ ذِى عَينٍ وَ ذِي بَغيٍ وَ مِنْ شَرِّ كُلِّ ذِي شَرٍّ اِنَّكَ عَلَ كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ
اَاللّٰهُمَّ جَمِّلنَ بِالْعَافِيَةِ وَالسَّلَا مَةِ وَ حَقِّقنَا بِالتَّقوٰى وَالْاِسْتِقَامَةِ وَ أَعِذْنَا مِنْ مُوجِبَاتِ النَّدا مَةِ اِنَّكَ سَمِيعُ الدُّ عَاءِ
اَللّٰهُمَّ اغْفِر لَنَا وَ لِوَا لِدِ يْنَا وَ لِاَوْلَادِنَا وَ مَشَا يِخِنَا وَ لِاِخْوَانِنَا فِى الدِّينِ وَ لِاَصْحَابِنَا وَاَحْبَابِنَا وَ لِمَنْ اَحَبَّنَا فِيكَ وَ لِمَن اَحْسَنَ اِلَيْنَا وَ لِلْمُؤْمِنِينَ وَ الْمُؤْمِنَا تِ وَ الْمُسْلِمِينَ وَ الْمُسْلِمَاتِ يَا رَبَّ العَالَمِيْنَ
وَارْزُقْنَا كَمَالَ الْمُتَا بَعَةِ لَهُ ظَاهِراً وَبَاطِنًا فِي عَا فِيَةٍ وَسَلَا مَةٍ بِرَحمَتِكَ يَااَرحَمَ الرَّا حِمِينَ
وَصَلِّ اللّٰهُمَّ عَلٰى عَبْدِكَ وَرَسُو لِكَ مُحَمَّدٍ وَعَلٰى آلِهِ وَصَحبِهِ وَسَلِّم

Terjemahan Do'a setelah surat Yasin

"YA Allah, sesungguhnya kami mohon pemelihraan-Mu dan kami menyerahkan kepada-Mu agama kami, diri kami, keluarga kami, anak-anak kami, harta-harta kami dan segala yang telah Engkau berikan kepada kami. Ya Allah!Jadikanlah kami dan juga mereka berada di dalam pemeliharaan-Mu, keamanan-Mu dan perlindungan-Mu dari setiap gangguan syetan pendurhaka, orang-orang takabur yang keras kepala, orang yang mempunyai pandangan jahat, kedhaliman dan dari pada kejahatan setiap orang yang mempunyai kejahatan. Sesungguhnya Engkau Maha Berkuasa atas segala sesuatu. YA Allah! Perindahkanlah kami dengan keselamatan dan kesejahteraan. Karuniakanlah kepada kami ketaqwaan dan istiqomah. Lindungilah kami dari perkara-perkara yang menyebabkan kami mendapat penyesalan. Sesungguhnya Engkau Maha Mendengar sesuatu doa. Ya Allah! Ampunilah dosa-dosa kami, kedua orang tua kami, anak-anak kami, guru-guru kami, saudara-saudara seagama kami, sahabat-sahabat karib kami, orang-orang yang mencintai kami karena Engkau, orang-orang yang pernah berbuat baik kepada kami, dari kaum mukminin dan mukminat, muslimin dan muslimat, wahai Tuhan yang mengatur alam semesta. Ya Allah, curahkanlah rahmat dan keselamatan! Kepada hamba-Mu dan utusan-Mu, junjungan kami dan tuan kami Nabi Muhammad saw, keluarganya dan para sahabatnya. Karuniakanlah kepada kami kesempurnaan mengikuti ajarannya, secara dhahir dan batin, di dalam kesejahteraan dan keselamatan dengan kasih sayang-Mu, wahai Tuhan Yang Maha Pengasih sebaik-baik yang mengasihi!"
Disamping doa diatas, ada juga Tasbih yang biasa dibaca setelah membaca surat Yasin, yang disebut sebagai tasbih mohon dibebaskan dari hutang. Berikut teksnya dan artinya:

سُبْحَانَ المُنَفِّسِ عَنْ كُلِّ مَدْيُوْنٍ, سُبْحَانَ المُفَرِّجِ عَنْ كُلِّ مَحْزُوْنٍ, سُبْحَانَ مَنْ كَانَ أَمْرُهُ بَيْنَ الكَافِ وَالنُّوْنِ, سُبْحَانَ مَنْ إِذَا أَرَادَ شَيْئًا أَنْ يَقُوْلَ لَهُ كُنْ فَيَكُوْنُ. يَا مُفَرِّجَ الْهُمُوْمِ وَيَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلِّمْ .

Artinya :

“Maha Suci Dzat yang menghilangkan dari setiap orang yang berhutang, Maha Suci Dzat yang membuka dari setiap orang yang kesusahan, Maha Suci Dzat yang urusannya berada diantara Kaf dan Nun. Maha Suci Dzat yang apabila Dia menghendaki sesuatu hanyalah berkata kepadanya: “Jadilah” maka jadilah ia. Wahai pembuka kesulitan (kesusahan), wahai Dzat yang Hidup lagi Berdiri Sendiri, limpahkanlah rahmat dan keselamatan kepada junjungan kami Nabi Muhammad saw beserta para keluarganya dan sahabatnya”


Demikian doa Yasin dan Tasbih mohon dibebaskan dari hutang yang bisa dibaca setelah selesai membaca surat Yasin. Silahkan dihafalkan agar kita bisa selalu membacanya setelah membaca surat Yasin. Semoga bermanfaat. 

Advertisement

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Doa dan Tasbih Setelah Membaca Surat Yasin Dan Artinya

0 komentar:

Posting Komentar